Berkualitas, Berkuantitas dan Terpercaya!

Selasa, 02 September 2014

Mohon Tunggu

Catatan Sejarah di Balik Sepatu Boot “Docter Martens”



Sepatu Boot Doctor Martens sudah dikenal di seluruh dunia sebagai sepatu boot kulit yang handal dan memiliki ciri khas pada model dan gayanya. Sepatu boot keluaran Inggris ini semakin dikenal luas didunia ketika menjadi trend fashion, dan merupakan selera anak muda Inggris, terutama ketika era keemasan music rock di Inggris; seperti Punk, Glam Rock, dan Brit Pop yang berkibar pada tahun 6o-70 an. Kala itu, band-band rock terkenal di Inggris sangat identic dengan sepatu boot yang sering disebut docmart ini. Bagaikan virus, sepatu boot doctor Martens menyebar secara sangat cepat dan digilai anak muda di dunia, termasuk di Indonesia sampai dengan sekarang.

Disini akan saya sharing sejarah singkat sepatu boot dr. Martens dan perkembangannya sampai sekarang yang  diambil dari berbagai sumber seperti dari web resmi docter martens (http://www.drmartens.com/uk/history).

You tube: https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=tX2mkuepQSM

Sejarah Sepatu Boot Doctor Martens

Sejarah sepatu boot doctor martens ini berawal ketika pada masa Perang Dunia ke II sedang berlangsung, seorang dokter berkebangsaan Jerman bernama dr Klaus Martens, mengalami cedera kaki saat dia melakukan olah raga ski di pegunungan Alpen Bavaria sehingga dia mendapatkan cuti untuk memulihkan cedera kakinya. Pada saat masa pemulihan itu, dia mendapatkan sepatu boot tentara yang bahan dan solnya kurang nyaman untuk dipakai. Ketika itu dr Klaus Martens ber inisiatif untuk menggantinya dengan bahan kulit,dan alas yang nyaman dipakai. Berawal dari kejadian ini dr Klaus martens menangkap ide untuk menjual sepatu boot hasil kreatifitasnya ini, dan ide ini pun mulai dia jalankan ketika perang berakhir yaitu pada tahun 1945. Inilah cikal bakal nama besar sepatu boot “doctor martens”. Awalnya sepatu boot dr Martens merupakan usaha kecil yang dijalankan di sebuah rumah di Jerman.

Dr Klaus Martens sebenarnya bukan seorang pe-bisnis yang handal, sehingga dia terkendala dalam mengembangkan bisnis sepatu bootnya. Sampai kemudian, pada tahun 1947 dia ketemu dengan teman waktu kuliahnya yaitu Dr Herbert Funck yang kebetulan piawai dalam berbisnis, yang kebetulan tertarik dengan sepatu buatan dr Klaus martens ini. Bersama dengan Dr Herbert, Dr. Klaus Martens melakukan inovasi sepatu boot nya dengan memanfaatkan karet-karet yang dibuang di lapangan udara Luftwaffe Jerman. Akhirnya tercipta lah sepatu boot hand made dengan ciri khas daya tahannya yang sangat kuat, kulit yang lembut, serta sol empuk yang sangat nyaman dipakai.

Sejak saat itu penjualan sepatu boot doctor martens terus melejit hingga akhirnya pada tahun 1952, dr Klaus Martens dan Herbert mendirikan sebuah pabrik sepatu di Munich. Nama sepatu boot dr Martens semakin dikenal saat itu dan mulai menyebar ke luar negeri, sehingga memaksa dr martens dan Herbert untuk mulai serius menjajaki pasar internasional. Akhirnya pada tahun 1959 digandeng sebuah perusahaan sepatu Inggris R. Griggs Group Ltd, dan pada tahun 1960 Sepatu boot dr Martens mulai di produksi secara masal dan diedarkan ke seluruh dunia.

Pada tahun 1970 docmart semakin mendunia berkat band-band Inggris serta selebrity dunia yang selalu memakai boot yang satu ini. Bahkan sepatu boot ini menjadi fashion wajib yang melekat pada band-band Inggris saat itu.

Pada tahun 1998-2003 docmart di sponsori oleh Rushden & Diamonds F.C. dengan nama Airwair Stand dan mulai memperkenalkan banyak model sepatu boot, sepatu kulit konvensional, sandal, serta sepatu steel toe yaitu sepatu dengan bagian ujung terdapat logam baja. Sampai akhirnya pada awal tahun 2003, sepatu boot docmart mengalami penurunan penjualan yang sangat drastic, dan memaksa perusahaan untuk menutup pabrik docmart di Inggris dan memindahkannya ke Negara China dan Thailand. Hal ini dikarenakan krisis Global yang melanda, serta persaingan bisnis yang semakin ketat. Dan pada tahun 2007 setelah penjualan kembali berjalan normal, pabrik sepatu docmart kembali didirikan si Inggris, tepatnya di Pabrik Lane Cobbs di Wollaston. Pabrik inilah yang menobatkan diri sebagai sepatu boot docmart dengan spesifikasi asli seperti pada awal sepatu docmart di produksi.

Jika dilihat dari sejarah sepatu boot doctor martens diatas, maka sebenarnya sepatu boot ini bukan sepenuhnya berasal dari Inggris, tapi karena awal ekspansi nya ke pasar internasional di Negara Inggris maka sepatu boot ini dikenal sebagai produk asli Inggris. Bisa dibilang bahwa docmart adalah sepatu boot Jerman dengan sentuhan Inggris.

Solovair dan tredair

Solovair dan trade air adalah 2 produsen yang masih memproduksi docter martens sampai saat ini. Solovair sendiri merupakan merek sepatu boot inggris dibawah perusahaan NPS Shoe Ltd yang mulai diperkenalkan pada tahun 1981. Ciri khas produksi solovair adalah sol nya yang merupakan terbaik saat itu karena dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilkan sol kuat dan kualitas tinggi. Pada tahun 1960 R. Griggs Group Ltd yang menaungi docmart saat itu menandatangani kerjasama dengan NPS Shoe Ltd dan mulai memproduksi sepatu boot docter martens dengan menggunakan sol solovair NPS. Inilah kerjasama paling strategis yang dilakukan doctor martens dalam evolusi produk sepatu boot nya. Tapi pada tahun 2003 docter martens solovair ini mulai sulit ditemukan terutama sejak produksi utama dr martens dipindahkan ke Cina. Pada tahun 2005 dibukalah agen resmi yang khusus menjual ratusan model sepatu boot doctor martens solovair di Inggris, yaitu The British Boot Company.

Itulah sejarah dan perkembangan sepatu boot docmart sampai saat ini. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh tedi sangpemimpi ; website: http://sepatubootpria.com yang menjual sepatu boot handmade asli buatan dalam negeri,

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=tX2mkuepQSM

1 komentar:

Popular Posts