Berkualitas, Berkuantitas dan Terpercaya!

Sabtu, 29 April 2017

Mohon Tunggu

Cara memperbaiki dan restart printer epson l1300

printer l1300


Printer L1300 adalah salah satu dari sekian banyak pronter Epson L series yang memiliki kelebihan di segala ini. Jika dibandingkan dengan seri-seri yang lain, L1300 punya keunggulan. Yakni pada kemampuan hasil cetaknya yang besar, karena memiliki dukungan kertas A3+. Jadi bisa mencetak Desain Arsitek hingga kaos.

Tidak sampai disitu, kualitas cetak dengan tintanya juga mengagumkan, yakni bisa mencetak 7100 lembar cetakan. Seperti biasa, printer ini memiliki 5 tabung untuk setiap tintanya. Harga baru dari Epson L1300 juga terbilang murah dengan segala kualitas yang ditawarkan. Begitu pula dengan spare part yang juga murah-murah namun kualitas tetap diperhitungkan.

Namun walaupun begitu ada kalanya printer Epson tidak dapat melakukan aktivitas printing dikarenakan terdapat error ink waste is full atau disebut juga Waste ink counter. Jenis error ini memang sangat lazim ditemukan di jenis epson L series. Namun tak usah risau apalagi panik, kalian hanya memerlukan Resetter untuk me-resetnya.

Namun ada baiknya dijelaskan dulu mengapa printer Epson L1300 mengalami error ink waste is full ? Berikut adalah alasan mengapa Printer error seperti itu :

- Di dalam tangki sisa tinta telah terisi penuh dengan sisa tinta.
- Jarang membersihkan Head printer.
- Printer Mendeteksi Sisa tinta pyang berada di tangki sudah penuh dengan sisa tinta tadi. Walaupun telah menggunakan selang pengeluaran eksternal.

Jika dilihat dari ketiga poin diatas, sudah pasti yang bermasalah adalah pada tangki sisa tinta (Waste Ink Tank). Untuk poin kesatu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membeli Waste Ink Tank yang baru, namun harganya tergolong mahal.

Apabila kalian tidak ingin mengalami hal seperti itu, Ada baiknya kalian mencegahnya dengan cara-cara berikut ini :

- Sering-seringlah membersihkan printhead atau istilahnya Head Cleaning.
- Kalau bisa, gunakanlah selang eksternal untuk membuang tinta, jika terjadi error, kalian tidak perlu beli tangki baru, jadi cukup me-reset.

Setelah tahu cara mencegah dan penyebabnya, kalian juga harus tahu tanda-tandanya. Jika tidak tahu malah langsung panik dan lari ke tukang servis yang biasanya mematok harga yang mahal, itu justru gawat. Berikut adalah ciri-ciri error Ink waste is full :

- Setelah printer dinyalakan, akan ada 2 lampu yang bewarna merah. Biasanya akan ada pada ikon tinta dan kertas atau resume.

lampu merah menyala
Kiranya ada lampu merah seperti diatas


- Tidak dapat mencetak dokumen.
- Akan ada peringatan pada monitor komputer atau printer yang berbunyi seperti ini Service Required: The printer ink's pads are at the end of their (its) service life.

peringatan error ink waste is full
Kira-kira ada tulisan seperti diatas.


Jika kalian menemui kendala seperti diatas, itu berarti printer sedang terjadi error waste ink counter. Cara untuk mengatasinya adalah dengan me-reset menggunakan software resetter. Berikut adalah cara mengatasinya :

Sebelum itu download terlebih dahulu berbagai perlatan dan bahan yang diperlukan untuk melakukannya. Unduh software dan keys berikut ini :

(1) Unduh aplikasinya secra gratis WIC software for Windows atau WIC Software for MAC.

(2) Beli Keys pada situs resminya, yakni di http://resetkey.net/buy. Harganya bisa mencapai 9$ atau jika dirupiahkan setara Rp. 117.000.

Setelah dua bahan diatas sudah kalian pegang, lakukanlah pekerjaan berikut ini :

- Koneksikanlah Komputer dengan sambungan Internet, ingat harus yang stabil.

- Hubungkan printer dengan komputer memakai kabel USB.

- Restart dulu printer. Yakni mematikannya terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali.

- Unzip file yang telah kalian download diatas. Kemudian buka file Waste_Ink_Pad.exe.

- Pilih seri printer kalian pada daftar yang ada di kanan software.

cara reset epson l1300


- Pilih Read Waste Counters untuk mengetahui kadar tinta kalian masing-masing sebelum di-reset. (Boleh dilewati, hanya untuk membuktikan sisa tinta sebelum dan sesudah di-reset nantinya)

cara reset epson l1300


- Tekan Reset Waste counters, untuk memulainya.

cara reset epson l1300


- Masukkanlah Key yang telah dibeli tadi. Kalian akan mendapat key-nya lewat email yang kalian berikan. Lalu tekan saja OK.

cara reset epson l1300


- Tunggulah sekitar 20 sampai 30 detik, nanti akan muncul notifikasi bahwa kalian harus mematikan printer. Lalu matikan saja printer kalian. Kemudian hidupkan kembali.

cara reset epson l1300


- Jika sukses maka akan ada pemberitahuan bertuliskan 'Congratulations. Your printers waste counter(s) have now been reset' lalu klik Close.

cara reset epson l1300


- Maka sisa tinta akan berubah menjadi 0%, untuk mengeceknya tekan saja Read Waste Counters.

cara reset epson l1300


Jika masih belum bisa ada baiknya membeli Tangki sisa tinta yang baru, namun harganya bisa mencapai $50 hingga $80. Cara memasangnya juga lumayan rumit untuk orang yang awam dalam hal servis printer.

1 komentar:

  1. Printer kami Epson L1300 sering terkendala saat ngeprint kertas rusak/terlipat berkali kali,,ada solusikah??? terima kasih

    BalasHapus

Popular Posts