Berkualitas, Berkuantitas dan Terpercaya!

Minggu, 16 April 2017

Mohon Tunggu

Tips dan Cara Diet Menggunakan Air Putih dan Buah

Cara diet air putih 1 minggu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mendapat hasil maksimal. Namun jangan sampai memaksakan diri untuk segera menurunkan berat badan dengan diet air putih ini. Untuk mendapatkan hasil tersebut, kalian harus tahu resep untuk menurunkan bobot tubuh. Berikut adalah daftarnya :
Konsumsi air setidaknya 8 gelas sehari

Air Putih Delapan Gelas Sehari

Sudah diketahui bersama, jika meminum 8 gelas sehari untuk diet adalah hal yang paling utama. Wajar saja, manfaat yang diberikan air ini sangatlah banyak. Tidak hanya untuk mempercepat proses metabolisme tubuh, tapi juga untuk menghilangkan racun dan mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi.
Namun yang menjadi masalah adalah, bagaimana bisa kita meminum 8 gelas atau 2,5 liter air hanya dalam sehari saja. Untuk itu beberapa cara ini dapat dilakukan agar konsumsi air dalam sehari meningkat.
Perbanyak Olahraga. Dengan memperbanyak melakukan olahraga, kita akan mengeluarkan cairan berupa keringat. Semakin banyak keringat keluar, maka semakin besar pula kalori yang terbakar. Tapi, saat berlama-lama olahraga, tubuh akan merasa haus karena kekurangan cairan. Maka dari itu, ini adalah momen yang tepat untuk kalian meminum air. Perbanyaklah olahraga dan selalu bawa botol air agar jika nanti haus, bisa langsung ditenggak.
Selalu tempatkan air di sampingmu. Setiap kalian kemana-mana, cobalah untuk membawa air. Misalnya saat olahraga, bawa saja sebotol air untuk diminum. Kemudian di tempat tidur, taruh beberapa botol di samping ranjang kalian agar saat haus bisa langsung minum. Begitu pula saat berada di tempat kerja maupun sekolah, selalu buat air ada di samping kalian.
Buat alarm sebagai pertanda. Tak jarang saat kita terlalu asik bermain gadget atau menonton televisi, kita malah lupa untuk minum. Oleh karenanya, kita bisa memanfaatkan jam tangan ataupun gadget masing-masing untuk mengingatkan waktu minum. Jadwalah waktu untuk minum. Misalnya untuk mencapai 8 gelas air, berarti setiap beberapa jam harus meminumnya. Dengan mengatur alarm setiap 1 sampai 2 jam bahkan 30 menit sekali untuk minum, maka bisa membuat konsumsi air meningkat.
Minumlah tidak hanya air putih, tapi ada variasinya
Maksudnya air yang bervariasi adalah air putih yang ditambah dengan makanan atau buah lain. Dengan tambahan seperti itu, rasa air tidaklah hambar, malah akan membuat rasa menjadi enak namun tetap kaya akan manfaat.
Jika rasa yang ditawarkan lebih enak, konsumsi air putih juga akan bertambah meningkat. Terus apa yang harus ditambahkan ke dalam air? Salah satunya adalah perasan jeruk nipis. Rasanya memang akan sedikit asam, namun bagi yang suka, apa salahnya?. Kandungan di jeruk nipis juga baik, seperti vitamin C dan mineral.
Tidak hanya jeruk nipis saja, tetapi penambahan madu ke dalam air juga akan memberikan manfaat besar bagi tubuh. Rasanya akan manis namun tidak menimbulkan efek samping seperti penggunaan gula pada umumnya. Apalagi sudah kita ketahui jika madu mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah mempercepat metabolisme tubuh.
Hampir sama dengan jeruk nipis, ada perasan lemon yang bisa ditambahkan. Karena dengan lemon maka akan membuat tumpukan lemak menjadi terpecah. Dengan pecahnya lemak, maka metabolisme akan lebih lancar.
Diet dengan air hangat
Boleh dibilang rasa air dingin lebih nikmat tinimbang dengan air hangat. Namun sudah banyak yang mengatakan khasiat air hangat yang lebih baik. Air dingin dikatakan bisa membuat perut buncit dan perut menjadi kembung, sedangkan air hangat akan mempercepat proses metabolisme.
Air yang hangat dikatakan mempercepat metabolisme adalah hal yang benar. Logikanya, saat minum air hangat akan membuat lemak terkikis karena panasnya air. Walaupun dampaknya tidak terlalu besar, namun lebik baik bukan daripada tidak sama sekali.
Tetapi tenang saja, ada cara tambahin lain agar lemak lebih cepat terbakar dengan air hangat. Sesuai dengan poin diatas nomor 2, kita harus membuat air yang bervariasi agar manfaatnya semakin besar. Coba saja kalian tambahkan dengan Jeruk nipis, madu atau lemon agar lebih optimal.
Buah dan sayur
Walaupun kalian sedang melakukan diet air, namun apa salahnya untuk mempercepat hasil dari diet yakni berat badan turun. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang juga kaya akan mineral sama dengan air. Apalagi kandungan buah maupun sayur lebih kompleks dari air, yakni punya kandungan antioksidan dan serat.
Bahkan ada penilitian yang mengatakan bahwa konsumsi air dengan buah atau sayur bisa membuat asupan kalori berkurang. Hal ini disebabkan oleh faktor alami yang membuat orang akan jarang mengonsumsi kalori karena lebih suka dengan buah. Karena buah juga punya rasa yang manis, maka juga akan membuat asupan makanan mengandung gula bisa menurun.
Infused Water
Masih ada kaitannya dengan buah dan air, infused water adalah gabungan dari keduanya. Sudah tahu belum apa itu infused water ? Kalau belum, pengertiannya secara sempit adalah sebuah minuman yang terbuat dari perpaduan buah dan air yang didiamkan selama beberapa jam, bahkan bisa semalaman.
Manfaatnya secara garis besar bisa dilihat di poin nomor 4, yakni bisa mengurangi asupan makanan berlemak dan gula. Bahkan dengan adanya antioksidan di dalam buah, maka bisa menjadi metode detox alami untuk mengeluarkan racun di tubuh. Kandungan serat yang ada dikatakan mampu memperlancar pencernaan untuk mengurangi berat badan.
Untuk pembuatannya juga tergolong mudah. Caranya adalah sebagai berikut :
– Siapkan beberapa buah yang bersih dan segar.
– Potong kecil-kecil setiap buah, ukurannya sesuaikan dengan wadah, jangan terlalu besar atau kecil
– Masukkan setiap potongan tadi ke wadah yang sudah berisi air, setiap 1 liter air setidaknya ada 10 potongan buah. Wadahnya bisa berupa tumbler, atau versi low-budget bisa menggunakan botol air mineral
– Tutup rapat-rapat wadah yang digunakan
– Masukkan ke dalam Freezer (kulkas) selama 6 sampai 12 jam
– Sudah jadi, kalian bisa membuat dan meminumnya setiap hari
Jus dan Smoothie
Masih membahas tentang buah dan air, kali ini adalah Jus dan Smoothie. Manfaat dari kedua minuman ini kurang lebihnya bisa dilihat di poin nomor 4 diatas. Namun bedanya dengan buah dan sayur, jus atau smoothie memiliki rasa yang lebih enak dan lebih ada manis-manisnya. Selain itu, jus dan smoothie berbentuk minuman namun buah dan sayur adalah makanan.
Sudah banyak yang kenal tentang jus, namun menurut kamus besar bahasa Indonesia, jus adalah sari buah. Sedangkan yang selama ini kita kenal dengan jus adalah buah yang di blender berbentuk bubur buah. Itu adalah kesalahan besar jika menyebut hasil blenderan buah adalah jus.
Menurut pengertiannya, jus adalah cairan yang di dapat berkat pemerasan dari buah, biasanya dengan alat yang disebut Juice extractor. Sedangkan Smoothie adalah bubur buah dengan tekstur creamy yang biasanya dibuat dengan alat bernama blender. Jadi jus yang selama ini kita kenal adalah Smoothie.
Untuk membuat manfaatnya lebih banyak, coba buat variasi smoothie menjadi lebih variatif. Misalnya dengan menambah yoghurt saat di blender dan mencampurkannya dengan buah atau sayur lain. Sedangkan untuk jus, bisa juga ditambah dengan perasan lemon.
Diatas adalah cara diet air putih tanpa olahraga yang dapat dilakukan selama 1 minggu bahkan 3 hari untuk menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts