Berkualitas, Berkuantitas dan Terpercaya!

Sabtu, 29 April 2017

Mohon Tunggu

Cara memperbaiki dan restart printer epson l210



Salah satu printer seri L Epson yang paling bagus adalah yang memiliki seri L360. Kelebihannya sangatlah banyak, mulai dari memiliki kecepatan printing yang sangat tinggi namun tetap dengan hasil cetakan yang bagus. Selain itu, dengan ukurannya yang ramping, dimanapun tempatnya, printer ini akan dengan mudah ditempatkan.

printer epson l360


Bahkan ada fitur wireless yang dikhususkan untuk jenis printer ini. Jadi di perngkat seluler kalian bisa mencetak dokumen walaupun tanpa kabel yang tersambung. Harganya juga tergolong murah untuk sejuta kelebihan yang telah disampaikan. Begitu pula dengan suku cadangnya.

Namun, seperti biasa, perangkat Epson juga kerap mengalami error yang dapat ditemui pada setiap jenis L series. Sebut saja error Ink waste is full yang setiap kali menemani aktivitas percetakan. Karena error diatas, membuat aktivitas printing tidak akan dapat dilakukan karena printer mendetekasi ada kesalahan pada printer.

Namun itu akan sangat mudah diperbaiki jika kalian dapat mengetahui cara penanggulangannya yang sebetulnya dapat dilakukan orang awam sekalipun. Daripada di bawa ke tukang servis, lebih baik cermati cara mengatasi error printer Epson l360.

Terus apa yang menyebabkan printer Epson L360 error Ink waste is full ? Jawabannya adalah karena tempat untuk menampung sisa tinta yang tidak terpakai untuk mencetak telah terisi penuh dengan tinta bekas tersebut.

Namun terkadang tidak hanya itu saja, alasan lain yang mengakibatkan Error dengan ditandai 2 lampu merah berkedip ini adalah printer justru mengira tangki pembuangan tinta sudah penuh. Padahal aslinya tidak. Kenapa begitu ? Hal itu dikarenakan printer menghitung seberapa besar aktivitas printing-nya. Misalnya tangki akan penuh saat 10 kali mencetak, namun setelah 10 kali mencetak tetap belum penuh, jadi printer tetap mendeteksi tangki telah penuh dengan sisa tinta.

Alasan diatas kerap kali terjadi pada pengguna printer yang langsung membuang sisa tinta keluar dengan selang eksternal. Jadi tidak dibuang di tangki di dalam printer, jadi tidak usah bingung kenapa terjadi error seperti ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, perlu diketahui tanda-tanda terjadi error waste ink pad counter atau ink waste is full adalah seperti ini :

1. Lampu merah ada yang berkedip, yakni ikon yang bewarna merah adalah kertas dan tinta.

2. Tidak dapat melakukan proses pencetakan.

3. Akan ada peringatan yang umum ditemukan di printer L series termasuk L360 yang bertuliskan Service Required: The printer ink's pads are at the end of their (its) service life di layar monitor.

error ink waste is full
Peringatannya seperti diatas.


Lantas apa cara tepat mengatasi Error ink waste is full pada Printer Epson L360 ? Cara yang tepat adalah dengan me-reset printer dengan bantuan software. Dibawah ini adalah cara mereset printer kampu merah berkedip-kedip dengan resetter :

- Unduh terlebih dahulu software resetter yang digunakan untuk mereset printer. Tidak usah repot-repot mencari kesana kemari, silahkan download Adjprogcracked, Software Resetter Gratis.

- Setelah selesai mengunduhnya, seperti biasa software harus di install dahulu. Cara installnya sudah pasti kalian tahu, tinggal cari file Adjprogcracked.exe lalu klik dua kali, terakhir tunggu sampai proses installasi selesai.

- Maka kalian akan otomatis Masuk ke dalam menu awal software tadi. Tekanlah 'select' untuk memilih seri printer yang sesuai.

cara reset printer epson l360


- Untuk pilihan pada 'Model Name' pilihlah L360, sedangkan port biarkan saja tetap Auto Selection. Lalu tekan OK.

cara reset printer epson l360


- Jika sudah maka akan muncul seri printer kalian di layar awal Software. Tekan saja 'Particular Adjustment' untuk memilih error apa yang terjadi di printer.

cara reset printer epson l360


- Karena masalahnya adalah Ink waste is full, jadi pilihlah Waste Ink Pad Counter kemudian klik OK.

cara reset printer epson l360


- Conteng atau ceklist main pad counter kemudia tekan Check. Tunggu sampai proses loading selesai. Kemudian ceklist lagi Main pad counter (jika conteng hilang) lalu tekan Intialization. Jika loading selesai klik OK dan Finish.



cara reset printer epson l360


- Restart printer kalian masing-masing. Maksudnya matikan dulu lalu hidupkan kembali.

- Jika di software ada pemberitahuan tekan saja OK, semuanya. Jika sudah, silahkan keluar dari software tersebut.

- Cobalah untuk mencetak dokumen untuk memastikannya.

Namun jika menngunakan cara diatas gagal, gunakanlah cara yang kedua namun membutuhkan biaya. Berikut adalah cara mereset printer epson L360 dengan resetter WIC Software :

- Download dulu bahan-bahannya.

(1) yang pertama adalah Aplikasinya, silahkan download WIC software for Windows atau WIC Software for MAC.

(2) Namun karena membutuhkan keys, kalian harus membelinya seharga $8,68 atau sekitar Rp. 113.000. Silahkan kunjungi printerkeys.com atau kesini WIC software Keys.

- Koneksikanlah Komputer dengan sambungan Internet.

- Gunakan kabel USB untuk menyambungkan printer dengan komputer.

- Restart dulu printer.

- Unzip file yang telah kalian download diatas. Kemudian buka file Waste_Ink_Pad.exe.

- Pilih seri printer yang digunakan.

cara reset epson l1300


- Pilih Read Waste Counters untuk mengetahui tinta kalian masing-masing. (Boleh dilewati, hanya untuk membuktikan sisa tinta sebelum dan sesudah di-reset nantinya).

cara reset epson l1300


- Tekan Reset Waste counters.

cara reset epson l1300


- Masukkanlah Key yang telah dibeli. Kalian akan mendapat key-nya lewat email. Lalu tekan OK.

cara reset epson l1300


- Tunggulah sekitar 20 sampai 30 detik lalu matikan printer kalian. Kemudian hidupkan kembali.

cara reset epson l1300


- Jika ada pemberitahuan yang intinya bertuliskan 'Congratulations. Your printers waste counter(s) have now been reset' lalu close.

cara reset epson l1300


- Maka sisa tinta akan berubah menjadi 0%, untuk mengeceknya tekan saja Read Waste Counters.

cara reset epson l1300


Namun jika masih ada kendala, maka cara satu-satunya adalah dengan mengganti tangki tinta dengan yang baru. Untuk harganya terbilang mahal, bisa mencapai puluhan dollar yakni berkisar $50 sampai $80. Belum lagi cara memasangnya yang agak ribet dan jarang bisa dilakukan orang awam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts