Berkualitas, Berkuantitas dan Terpercaya!

Selasa, 18 April 2017

Mohon Tunggu

Cara Mengatasi Hasil Printer Bergaris dengan Baik dan Benar

Saat printer tiba-tiba dalam keadaan error dengan hasil cetakannya yang bergaris pasti akan membuat banyak orang yang akan menggunakannya kesal. Apalagi jika dalam keadaan yang genting, seperti akan mencetak dokumen untuk klien, pengguna warnet, dan yang lainnya. Namun bagi orang yang tahu cara mengatasi hasil cetakan printer bergaris pasti tidak akan panik.
mengatasi hasil cetakan printer bergaris
Mesin yang satu ini memang sangatlah bermanfaat bagi khalayak ramai, mulai dari pelajar hingga pekerja kerap menggunakannya. Namun jika tiba-tiba printer hasil cetakannya buruk, maka kalian harus tahu bagaimana cara memperbaiki error cetakan bergaris.
Selain sebagai antisipasi untuk printer kalian sendiri yang error, kalian juga bisa mengantisipasi jika printer orang lain seperti ini. Cara mengatasinya juga tidaklah susah, yang diperlukan selain keberanian adalah beberapa alat yang terbilang kerap tidak dimiliki pemilik printer awam. Namun alat-alat tersebut dapat ditemukan dengan mudah disekitar, apalagi alatnya masih akan bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Daripada kalian bawa ke tukang servis, pasti akan keluar biaya lagi.

Namun jika kalian mencobanya sendiri, sudah pasti biaya bisa diminimalisir, ditambah dengan adanya pengalaman pastinya. Apalagi jika sudah tahu caranya yang benar, printer milik guru, dosen, atasan, bahkan teman bisa diatasi dengan mudah.
Bahkan bisa juga kalian diberi imbalan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun dengan cara ini kalian bisa mengatasinya dengan mudah. Beberapa masalah yang menyebabkan cetakan bergarisa adalah seperti : 

1. Tinta tersumbat Penyebab yang membuat tinta tersumbat adalah karena sering gonta-ganti tinta yang berbeda-beda. Selain itu bisa juga karena di sekitar printer, terdapat kotoran yang masuk tabung. Hal ini bisa saja terjadi jika dalam memasukan tinta kalian tidak berhati-hati. Jika terjadi kejadian seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan mengurut selang atau melakukan Depp Cleaning.

2. Selang infus masuk angin Maksudnya, di dalam selang terdapat udara yang menghambat jalannya tinta keluar saat akan mencetak. Hasilnya bisa membuat cetkan bergaris. Hal ini terjadi saat kalian telah dalam mengisi tinta.

Cara untuk mengeluarkan tintanya adalah dengan menyedot udara keluar dengan suntukan yang telah dicabut jarumnya. Jika cara-cara diatas masih gagal, kalian bisa melakukan panduan dibawah ini bisa dengan mudah kalian praktekan sendiri. Berikut adalah cara mengatasi printer yang hasil cetaknya bergaris dengan mudah dan benar :

1. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya yang dapat kalian temui di rumah atau meminjam ke tetangga jika memang tidak ingin membelinya. Alat dan bahannya adalah sebagai berikut : - Suntikan. Namun perlu diingat, jangan sampai suntikan bekas yang biasa digunakan untuk keperluan medis, seperti suntik darah. Cara yang khusus tinta, entah tinta spidol ataupun tinta printer. - Solder. Kalau yang ini bisa kalian pinjam, atau membelinya. Harganya bisa dibawah Rp. 60.000. - Head Cleaner. Harganya berada di kisran Rp. 50.000.
mengatasi hasil cetakan printer bergaris
Perlu diingat untuk yang menggunakan printer modifikasi dengan menjadi printer infus, copot dulu selangnya dari cartridge.

 2. Jika alat dan bahan telah dimiliki semua, lanjut ke tahap berikutnya. Lubangilah cartridge dengan solder, ingat lubangnya jangan besar-besar, cukup sebesar 2x jarum suntik. Untuk lokasi yang dilubangi adalah sebagai berikut. Jika sudah pernah dilubangi, jangan dilubangi lagi.
mengatasi hasil cetakan printer bergaris

3. Pastikan suntikan yang dipakai masih bersih. Lalu masukkan suntik ke dalam cartridge lewat lubang tadi. Kemudian tekan suntiknya sampai muncul tinta yang keluar dari cartridge, lakukan kegiatan ini sampai tinta benar-benar habis di dalam.
mengatasi hasil cetakan printer bergaris

4. Kemudian masukkan cairan head cleaner yang telah kalian beli tadi lewat lubang buatan kalian dengan suntik. Tunggu beberapa menit agar keadaan di dalamnya bersih total.

5. Lalu cobalah untuk mencetak kertas dokumen baru, apakah hasilnya sudah kembali normal atau masih tetap bergaris. Jika sudah kembali normal berarti sukses, jika belum, coba ulangi cara nomor 3 dan 4 beberapa kali. Jika kalian masih ragu-ragu dalam melakukan cara ini, carilah referensi yang bisa menambah wawasan kalian. Mungkin bisa lewat situs YouTube agar lebih mudah dalam mengatasi hasil cetakan printer yang bergaris. Atau mungkin kalian juga bisa bertanya pada orang yang ahli dalam hal ini seperti sahabat atau saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts